eAthena Languange Scripting For Ragnarok Server.

Posted: June 26, 2009 in eAthena Script Guide / How To Add a Custom Item

Ok Ok, hahaha. saya akan membahas tentang eAthena Scripting.

sebelumnya pernahkah kamu melihat item item custom yang ada di game Ragnarok Online? ( seperti Wings,Weapon,dll yang custom dan gak ada di Ragnarok Online Indonesia)

sebenarnya itu dapat dibuat oleh tangan kita! asalkan kamu ada niat mempelajarinya.

saya belajar Scripting ini dari saya kelas 1 SMP. waktu itu saya gemar sekali otak atik yang namanya Server Ragnarok. terutama eAthena.

dimulai dari kejahilan saya yang mengotak atik item yang sudah ada ( contoh : knife dengan atk 10000, padahal aslinya knife memiliki atk 42. karena keisengan dan keingintahuan saya akirnya saya otak atik database tersebut )

akhirnya sekarang saya sudah bisa membuat item sendiri di dalam game Ragnarok.

ok ok, sekarang saya akan bahas scriptnya. kalau kamu mempunyai Ragnarok Offline, jangan ragu untuk mempelajari ini. saya bukan tipe orang yang pelit ilmu ( hohoho )

– pertama cari folder DB

– lalu buka notepad yang bernama item_db atau item_db2 (terserah sama saja ke2nya)

– ketiga, “nah lo pusing dah gw apaan nih tulisan angka angka kek gini?” yah jangan ngomong gitu!

pasti ini tulisan yang kamu lihat ( contohnya )

ID,AegisName,Name,Type,Buy,Sell,Weight,ATK,DEF,Range,Slots,Job,Upper,Gender,Loc,wLV,eLV,Refineable,View,{ Script },{ OnEquip_Script },{ OnUnequip_Script }

501,Red_Potion,Red Potion,0,50,,70,,,,,0xFFFFFFFF,7,2,,,,,,{ itemheal rand(45,65),0; },{},{}

ID – Nomor database Item

AegisName – nama berdasarkan Server

Name – nama item di game

Type – tipe item ( usable,equip,etc)

Buy – Harga Beli

Sell – Harga Jual

Weight –  Berat Item

ATK – Attack ( jika item berkategori senjata )

DEF – Defense ( jika item berkategori senjata / armor )

Range – Kejauhan Jangkauan item

Slot – Slot item ( jika senjata atau armor )

Job – Job yang bisa menggunakan item tersebut

Upper – Dipakai dimana item tersebut

Gender – Bisa dipakai Wanita / Pria

Wlv,Loc,Elv – Mengatur elemen item,Lvl yang harus dipenuhi,dan limit item.

View – Menunjukkan nomor kode sprite item.

dah ngerti basicnya?  jadi jangan bingung apa tulisan itu ya! itulah maksud tulisan dari database tersebut.

dan pada tulisan ini, saya akan memberikan 2 Script yang bisa kamu pakai di game atau contoh kamu mempelajari script di Ragnarok Offline kamu, cukup taruh di item_db2 dan pada tahap selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana menambah / membuat item menjadi ada dalam game tersebut. untuk sekarang kamu bisa copy paste script ini dan taruh di folder kamu.

karena script harus dipelajari terlebih dahulu sebelum kita mempelajari bagian Client.

16076,Messenger,Hell’s Messenger,5,1000000,,2800,,6,,4,2147483647,2,2,16,,0,1,0,{ bonus bAllStats,50; bonus bUnbreakableArmor,0; bonus bShortWeaponDamageReturn,40; },{},{}
16077,Oblivion,Shield of Oblivion,5,128000,,1600,,5,,1,2147483647,7,2,32,,83,1,3,{ bonus bAllStats,50; bonus bUnbreakableShield,0; bonus2 bSubEle,Ele_Neutral,20; bonus2 bSubEle,Ele_Water,20; bonus2 bSubEle,Ele_Earth,20; bonus2 bSubEle,Ele_Fire,20; bonus2 bSubEle,Ele_Wind,20; bonus2 bSubEle,Ele_Poison,20; bonus2 bSubEle,Ele_Holy,20; bonus2 bSubEle,Ele_Dark,20; bonus2 bSubEle,Ele_Ghost,20; bonus2 bSubEle,Ele_Undead,20; },{},{}

Comments
  1. Auren says:

    eh…aku nggak tau ini da hubungannya atw nggak…
    kamu bisa nggak ngasih tau aku tempat dimana download game buat GBA yg judulnya Harvest moon more friends at mineral town(girl version)
    aku maen gbanya tu komp…plis ya…

    sekalian klo km taw cheat khususnya ksh tau juga yaaa!
    arigatou^^

  2. NiuBi Scripter says:

    minta saran dong untuk script custom item ini :
    – Jenis item usable (misalnya banana Juice), kalo di dobel klik akan menambah STATUS POINT sebanyak 5 point.
    Thanks in Advance.

    • reminigardios says:

      hmm, saya pribadi belum menemukan script seperti itu. karena logikanya tidak dapat. kalau status bertambah ( seperti int,dex,str dsb) itu ada scriptnya,dan saya bisa mengaplikasikannya. tapi kalau status point yang masih mentah ( status point yang bisa kita isi sendiri ),saya belum bisa membuat scriptnya.

  3. Roland says:

    gan , mau tnya kalo pngen bkin script bwat tambhin movement speed sama incrase attck gtu apa kata2nya ?

    • reminigardios says:

      Movespeed
      bonus bSpeedRate,xx;

      Attack Speed
      bonus bAspdRate,xx;

      xx diganti jadi nominal yang lo mao.

Leave a Reply

